Minggu, 20 September 2015

Menikmati Suasana Pantai Pasir Putih di Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung merupakan pantai yang terletak di Purwodadi, Kabupaten Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 75 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Saat menuju ke lokasi, Anda akan menjumpai beberapa kondisi jalan di beberapa tempat yang agak sempit, berkelok-kelok, banyak tanjakan, dan banyak yang tikungan tajam. Pantai yang satu ini sangat cocok dikunjungi apabila Anda sedang sedang berlibur ke Kota Yogyakarta.
Berikut adalah lokasi Pantai Siung jika ditempuh dari
Yogyakarta: Jalur umum dari kota Yogyakarta dari arah Piyungan menuju Jalan Wonosari - arah selatan (arah Baron) - sekitar 9 km ada pertigaan di Desa Mulo (50 m setelah kolam renang) - mengambil kiri ke jurusan Mentel - Bintaos - Tepus - Garpu Winangun/Nangun (klinik depan) - belok kanan langsung ke Siung.
Seperti kebanyakan pantai lain di Gunung Kidul yang memiliki pasir putih, pantai ini juga memiliki pasir putih yang indah. Kebersihannya pun masih terjaga. Karena lokasi terpencil, pantai ini masih sepi dan jarang dijamah oleh pengunjung jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.
Salah satu pesona yang menonjol dari Pantai Siung adalah batu-batunya. Karang raksasa yang terletak di sebelah barat dan pantai timur adalah dasar untuk penamaan pantai ini. Batuannya sedikit menjorok ke laut. Nama itu sendiri diambil dari formasi batuan Siung yang menyerupai kera sesepuh setempat atau Wanara Siung. Tartar monyet yang masih ada untuk menyaksikan kemenangan wilayah cengkeh di masa lalu. Wilayah Siung selama wali menjadi pusat perdagangan di wilayah Gunung Kidul. Di wilayah Winangun tidak jauh dari pantai, ada pasar. Di kawasan itu juga tetap Nyai Kami dan Nyai Podi, istri dari abdi dalem Yogyakarta dan Surakarta.
Saat ini ada 250 baris pendakian di Pantai Siung. Namun kemungkinan trek tersebut masih bisa ditambah lagi. Fasilitas lain yang mendukung kegiatan panjat tebing adalah berkemah. Tanah kampung di sekitar pantai difungsikan sebagai tempat untuk mendirikan tenda dan dapat digunakan sebagai api unggun. Jika ingin menggunakan, syarat yang harus dipatuhi adalah tidak merusak lingkungan dan juga tidak mengganggu habitat penyu. Tak hanya itu saja, tidak jauh dari ground camp, terdapat sebuah rumah kayu yang dapat digunakan sebagai base camp. Base camp tersebut cukup untuk menampung 10-15 orang.
Sedangkan di pantai, Anda dapat bermain air maupun berenang. Berenang di pantai ini cukup aman karena ada kelompok karang datar di sepanjang pantai. Kedalaman airnya hanya sekitar 1 meter yang tentu saja berada di tepi. Di pantai ini juga tersedia beberapa rumah-rumah kayu sebagai tempat untuk bersandar dan bercengkrama sambil menikmati indahnya pemandangan.

Apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Siung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Kota Yogyakarta. Anda juga bisa menyewa mobil di beberapa persewaan mobil yang terpercaya. Salah satu rental mobil yang memiliki kredibilitas tinggi ialah City HomeRent Car. Rental mobil yang satu ini menawarkan berbagai armada mobil yang bisa disewa dengan harga cukup terjangkau. Anda bisa menyewa mobil Alphard, Avanza, Xenia, dan Luxio. Berbagai paket sewanya juga beragam, Anda bisa menyewa selama 12 jam dalam kota, 24 jam dalam kota, jemput di bandara, paket bulanan, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bisa Anda ajukan ke customer service City HomeRent Car.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar